Membuat URL Artikel Blog Agar Tidak Terpotong

Membuat URL Artikel Blog Agar Tidak Terpotong
Pernah mengalami hal seperti gambar ini ?
Mungkin hal ini bukan masalah yang "penting" untuk kamu yang baru saja terjun ke dunia blogging atau kamu yang sudah berpengalaman di dunia blog. Tapi bagi saya ini hal yang cukup penting, karena jika melihat URL ( Uniform Resource Locator [Link] ) pada artikel di blog kita ( hanya untuk pengguna blogger.com ) terpotong itu rasanya nggak enak kalo dilihat.

Jika kita melihat ke website tetangga ( Wordpress ), dan melihat URL artikelnya setelah di publikasi seperti contoh: japanesestation.com/ayami-nakajo-aoi-morikawa-minori-hagiwara-membintangi-film-horor-jepang-zero/, jujur saya lebih suka WP daripada Blogger. Kalo kamu bilang "Kenapa gak pakai WP saja sekalian?", jawabannya saya cuma "Gak punya modal, buat makai platform sekelas WP meskipun ada yang gratisan saya tetap milih Blogger". Loh, kok malah jadi curhat ya?!.

Yasudahlah, jadi inti dari artikel ini adalah membuat URL artikel blog anda yang tadinya suka terpotong karena judul artikelnya yang kepanjangan, dan menjadi URL yang pas dengan judul artikel kamu, agar dikira kita sedang memakai platform kelas atas seperti WP gitu.

Untuk membuat URL anda tidak terpotong sebenarnya mudah saja, ketika anda sedang membuat artikel, pernahkan anda memerhatikan panel di samping kanan anda yang bertuliskan 'Permalink' ?

Permalink Blogger
Contoh URL artikel ini sebelum di publikasi.
 Jika anda pernah memakainya, itu tandanya anda hebat selalu menggunakan apa yang ada di dalam website blogger kita tercinta ini hahaha. Dan lihat permalink artikel ini sebelum di publikasi, permalinknya terpotong kan ?. Nah untuk mencegah hal itu terjadi klik pada tombol 'Custom Permalink' seperti gambar dibawah ini:

Edit Permalink Artikel
kamu bisa membuat permalinknya menjadi lebih singkat atau menyamakan dengan judul artikel kamu.
Setelah di klik, tinggal kamu edit saja seperti yang kamu mau, contoh kamu mau permalinknya sesuai judul artikel atau kamu mau membuat permalinknya menjadi lebih singkat. Itu semua terserah kamu yang punya blog.

Pastikan kamu memakai tanda " - " ( tanpa tanda kutip ), atau tanda " . " ( titik ) setelah satu kata, contoh: "blog-mad-trik-memang-oke" atau "blog.mad.trik.memang.oke". Itu tergantung selera kamu.

No comments

Post a Comment

Perlu diingat saya juga manusia, yang kadang punya salah, jika ada kesalahan pada artikel yang dibuat kamu bisa membantu saya untuk memperbaiki artikel tersebut. Dan kadang saya juga tidak bisa manjawab pertanyaan kamu.