5 Tips Berkomentar Yang Benar Di Blog Tetangga

5 Tips Berkomentar Yang Benar Di Blog Tetangga

Saatnya kembali ke blog ini setelah saya mengalami sebuah cobaan di salah satu blog saya yang templatenya Error. Nah, sekedar menunggu waktu sahur karena kalau jam segini saya masih belum bisa tidur, mending dibuat bikin artikel baru di blog Mad Trik, biar blog ini nggak diisi sama sarang laba-laba dan teman-temannya.
Tabel Bacaan

Nah, kita kembali lagi pada pembahasan di artikel ini. Jika kamu seorang blogger ataupun pemilik website dll, pastinya kamu pernah membuat satu atau lebih komentar di salah satu blog atau website lainnya di internet. Jika kamu pernah melakukan itu, tahukah kamu cara berkomentar yang baik dan benar?, berkomentar itu tidak hanya menulis: "nice post!" atau "info bagus" dan komentar yang lainnya yang tidak bermutu.

Berkomentar di blog lainnya haruslah memiliki etika dan juga harus relavan dengan artikel yang kamu komentari, dan bukannya menulis komentar seperti contoh diatas. Jika kamu terus melakukan hal tersebut terus menerus kamu hanya membuang-buang waktu!. Untuk itu janganlah di ulangi hal yang tidak berguna seperti itu, dan ikutilah tips berkomentar di blog yang baik dan benar berikut ini:

1. Pakailah Nama Asli Kamu

Ketika saya sedang mencari suatu informasi tentang tips-tips Blogger. Dan ketemulah suatu artikel yang menurut saya menarik dan saya pun agak terkejut ketika melihat komentar-komentar yang ada pada artikel yang sudah saya baca, kebanyakan para komentator berkomentar dengan nama yang bukan nama aslinya. Komentator itu justru menggunakan nama barang dagangannya, judul artikelnya, bahkan judul blognya juga.

Jika kamu terus melakukan hal tersebut pemilik blog ataupun pengunjung yang ada pada blog tersebut mungkin tidak terlalu tertarik dengan nama yang kamu berikan ketika berkomentar atau bahkan skenario terburuk yang ada, pemilik blog menghapus komentar yang mungkin dianggap SPAM oleh pemiliki blog.

Jika komentar anda menarik dan juga pastinya relavan dengan artikel yang di berikan, pastinya pemiliki blog atau pengunjung blog itu juga akan mengklik nama kamu dan menuju ke blog kamu ( Jika blog itu menggunakan komentar Nama/URL atau Open ID ). Karena kebanyakan blog sekarang ini memakai tag nofollow di tautan komentarnya, jadi jika kamu melakukan hal tersebut, itu hanya buang-buang waktu!.

2. Komentar Haruslah Sesuai Dengan Artikel Yang Diberikan

Jika blog yang kamu komentari membahas tentang gadget atau dunia teknologi, pastikan kamu paham betul tantang dunia teknologi dan gadget, jika tidak maka muncul komentar-komentar seperti: "Nice artikel gan" dan komentar konyol lainnya.

Bukannya saya melarang bagi blogger yang mungkin masih belum faham dengan kemajuan dunia teknologi sekarang ini untuk berkomentar di blog yang memiliki niche gadget & teknologi, ya paling tidak blogger tersebut tahu benar apa yang dibahas pada artikel tersebut dan pastinya komentarnya juga relavan dengan artikelnya.

3. Pilihlah Blog Yang Sesuai Dengan Tema Blog Kamu

Lebih baik kamu mengikuti beberapa blog yang sesuai dengan niche atau tema blog kamu, agar kamu tahu betul apa yang pemilik blog itu tulis di artikelnya.

Dengan begitu, kamu dapat membuat komentar yang ( serius ) pada sebagian besar artikel yang di publikasi pada blog itu, yang mungkin nantinya akan sangat berarti kepada pembaca lainnya di blog itu dan juga pemilik blog itu juga dengan cepat mulai mengenali nama kamu dan menaruh perhatiannya dengan blog kamu.

Sebenarnya kamu tidak harus fokus pada blog yang sesuai niche blog kamu. Bahkan, kamu mungkin akan mendapatkan lebih banyak perhatian lagi dari blog yang memiliki katakanlah 10 komentar per artikel dibandingkan dengan artikel yang memiliki 100 komentar atau lebih, karena komentar yang kamu buat akan lebih terlihat dimata pengunjung.

4. Cobalah Jadi Yang 'Pertamax!'

Mungkin khusus yang ini tidak perlu banyak penjelasan lagi. Ya, jika kamu berhasil meraih jadi komentator yang paling cepat atau yang pertama atau yang bahasa Bloggernya 'Pertamax', maka bukan tidak mungkin lagi komentar yang kamu buat jadi bahan perhatian pemilik blog atau pengunjung lainnya. Asalkan jangan berkomentar 'Pertamax' ya. Hasilnya jadi sia-sia meskipun kamu adalah komentator pertama di artikel tersebut.

5. Pikirkan Kualitas, Bukan Kuantitas

Sebelum berkomentar lebih baik kamu berpikir dahulu sudah kah kamu mengerjakan 4 tips lainnya yang sudah saya tulis diatas?.Jadi komentar itu bukan hanya masalah berapa banyaknya komentar yang dibuat, tapi juga kualitas dari komentar tersebut. Jika komentar yang kamu buat:


  • Tidak terlalu relavan dengan artikel yang kamu baca, 
  • Penuh dengan kesalahan ejaan dan salahan ketik,
  • Atau hanya berkomentar singkat saja.


Bukan tidak mungkin komentar kamu akan di moderasi atau hal lebih buruk lagi dihapus oleh pemilik blog!.

Itulah beberapa tips berkomentar yang baik dan benar, lakukanlah setidaknya satu atau dua kali ketika ingin berkomentar dan gunakanlah tips ini setiap membuat komentar di blog lain. Dan bukan tidak mungkin kamu nantinya akan terbiasa melakukan hal ini.

9 comments

  1. saya suka point yang kedua gan "Komentar Haruslah Sesuai Dengan Artikel Yang Diberikan" slaam kenal ya gan

    ReplyDelete
  2. Postingnya mirip CB punya ya....:)
    http://contohblognih.blogspot.com/2014/07/tips-komentar-yang-baik-di-blog-orang.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya sama @@,

      saya juga ngambil di daily blog tips ^_^ diterjemahin dikit...

      Delete
    2. Kalau menurutku sih jangan pasang link postingan di blog orang lain gan, gitu aja.

      Delete
  3. Kadang yang paling jarang dikerjain itu, berkomentar sesuai blognya. Lebih banyakan banyolan kadang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah benar sekali tuh mas, paling cuma ngisi kotak komentar aja. Bahkan selalu cuma bilanga pertamax atau yang lain, dan selalu itu-itu aja.

      Delete
    2. mungkin mereka cuman mau cari backlink doang mas :D

      kalo saya sih gak mau munafik yah.....kadang-kadang saya juga ngelakuin hal itu juga :p

      Delete
    3. Saya dulu juga gitu sih, tapi sekarang udah enggak :D

      Delete

Perlu diingat saya juga manusia, yang kadang punya salah, jika ada kesalahan pada artikel yang dibuat kamu bisa membantu saya untuk memperbaiki artikel tersebut. Dan kadang saya juga tidak bisa manjawab pertanyaan kamu.