Cara Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran Untuk Setiap Artikel Blog

Cara Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran Untuk Setiap Artikel Blog
Mungkin kalo fitur ini bisa bicara dia bisa ngetik sendiri kaya gitu.

Gambar diatas itu hanya sekedar pendapat dari saya. Karena kalo saya lihat tidak sedikit pengguna Blogger yang tidak menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh Blogger ini. Mungkin kalau kata lembutnya "Dicampakkan". Lalu buat apa Google meyediakan fitur ini buat para Blogger kalo fitur ini Dicampakkan???.

Tabel Bacaan

Jadi saran saya, cobalah mulai dari sekarang biasakan untuk menggunakan semua fitur yang ada di Blogger, meskipun fitur kecil sekalipun tapi dampaknya untuk blog kamu mungkin akan sangat besar. Dan saya sendiri pun mulai membiasakan diri untuk selalu menggunakan fitur ini di setiap artikel yang akan saya buat.

Fungsinya pun cukup banyak, salah satunya:

  • Jika kamu sedang membagikan artike di Jejaring sosial Facebook, maka deskripsi dari artikel kamu inilah gagang dari tombak kamu, karena ujung tombak kamu adalah judul dari artikel yang kamu bagikan atau kamu share, kalo tidak ada gagangnya bagaiamana nantinya jika kamu mau menyerang?
  • Bukan hanya di Facebook, Jejaring sosial Mikroblogging seperti Twitter juga akan sangat berpengaruh. Sudahkan kamu mencoba fitur Twitter Card?. Jika biasanya kamu sering membagikan artikel kamu di Twitter dan yang muncul hanya judul dan tautannya saja ( tautannya akan disingkat otomatis oleh pihak Twitter ), akan kah hal yang seperti itu dapat menjaring banyak pengunjung?
  • Dan yang paling penting, Mesin pencari. Tidak hanya Google mesin pencari di muka bumi ini, ada juga Bing, Yahoo, Yandex, dan mesin pencari lainnya di dunia maya ini yang sangat memerlukan deskripsi pada artikel yang kamu buat. Untuk pengaruhnya saya rasa para pengguna Blogger juga sudah tahu apa pengaruhnya.

Ya, kira-kira begitulah salah satu pendapat dari saya, jika kamu tidak setuju, silahkan komentari artikel ini pada kolom komentar dibawah dengan pendapat kamu. Saya akan sangat senang sekali, itu sama saja kamu sudah membantu saya untuk mendapatkan pengetahuan baru lagi di layanan Blogger ini.

Nah, daripada terlalu banyak omongan yang tidak ada manfaatnya, mari langsung saja ke inti daripada artikel ini.

Cara Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran

1. Masuk dulu ke akun blog milik kamu, kemudian pilih blog mana yang ingin kamu aktifkan deskripsinya. Lalu masuklah ke menu "Setelan › Preferensi penelusuran". Jika masih bingung lihat pada gambar dibawah ini.

Cara Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran Untuk Setiap Artikel Blog
Klik pada gambar jika terlalu kecil.

2. Klik tombol edit pada bagian "Tag Meta › Deskripsi". Isi dengan deskripsi yang cocok dengan tema atau niche blog kamu, boleh basa-basi sedikit tapi fokuskan saja pada inti dari tema blog kamu ( saran saya ). Dan satu hal lagi yang perlu di ingat karakter deskripsi itu sangat terbatas, hanya 150 karakter saja, jadi jangan sia-siakan dengan setiap kata dari desripsi blog kamu.

3. Jika langkah nomor 1 dan 2 sudah selesai semua, klik tombol simpan di pojok kanan atas menu setelan ini. Dan kemudian dilanjuti dengan cara penggunaan deskripsi pada setiap artikel kamu dibawah ini.

Cara Penggunaan Deskripsi Penelusuran

1. Pastikan kamu sedang dalam kondisi yang bagus untuk nge-blog. Itu tadi cuman saran aneh dari saya, karena jika menurut pengalaman saya kalau tidak sedang dalam kondisi yang baik kalau mau nge-blog, hasilnya juga tidak akan baik. Dan mungkin kalau tidak sedang dalam kondisi yang baik mungkin kamu sampai lupa untuk menggunakan fitur ini.

2. Setelah kondisi kamu baik, buatlah sebuah artikel. Dan saran saya lagi, selesaikan dulu artikel yang ingin kamu tulis tadi, setelah itu kamu diharuskan untuk berpikir untuk memasang deskripsi yang:

  • Menarik,
  • Membuat calon pengunjung menjadi penasaran,
  • Yang sesuai dengan artikel kamu.

3. Dan berikut ini tips dari halaman bantuan resmi Google tentang Deskripsi pada blog yang benar:

  • Pastikan setiap laman di situs Anda memiliki deskripsi meta.
  • Bedakan deskripsi untuk laman yang berbeda.
  • Sertakan fakta yang ditag dengan jelas dalam deskripsi.
  • Gunakan deskripsi kualitas.

4. Dan kembali lagi buatlah sebuah calon artikel yang akan kamu publikasi, kemudian jika kamu sudah menyelesaikan langkah untuk Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran diatas, maka akan ada menu baru di sidebar disebelah kanan kamu yang bertuliskan "Deskripsi Penelusuran".

5. Klik menu tersebut, kemudian isi sesuai dengan artikel yang kamu ketik tadi, pastikan untuk tidak memasang terlalu banyak kata kunci atau apapun itu yang tidak disukai oleh Google.

6. Jika selesai. Klik tombol publikasi lalu lihat hasilnya di mesin pencari atau kamu bisa melihat hasilnya di Facebook atau jejaring sosial lainnya dengan membagikan artikel kamu tadi.

2 comments

Perlu diingat saya juga manusia, yang kadang punya salah, jika ada kesalahan pada artikel yang dibuat kamu bisa membantu saya untuk memperbaiki artikel tersebut. Dan kadang saya juga tidak bisa manjawab pertanyaan kamu.