Kelemahan dan Kelebihan Sistem Komentar Google+

Kelemahan dan Kelebihan Sistem Komentar Google+
Contoh sistem komentar Google+
Setelah beberapa minggu sebelum blog ini memiliki cukup banyak artikel, sebenarnya blog ini masih menggunakan sistem komentar Google+ yang merupakan fitur terbaru untuk blogger yang keluar sekitar tahun 2013-2014 (lupa) yang lalu. Dan setelah saya memakai dan juga saya mencari-cari kelemahannya sistem komentar ini di internet, ternyata bisa dibilang kelemahannya cukup banyak, dan dibalik kelemahan pasti ada sedikit kelebihan yang ada pada sistem komentar Google+ ini.

Tabel Bacaan

Diantara kelemahan dan kelebihan itu akan saya jabarkan di artikel kali ini, jadi kalau ada yang kurang setuju dengan apa yang saya tulis, silahkan gunakan kolom komentar dibawah:

Kelemahannya:

Pertama-tama saya akan menulis tentang kelemahannya terlebih dahulu, karena kalau langsung ke kelebihannya tidak terkesan 'mengejutkan' atau 'wah' nanti:

1. Pengunjung harus login menggunakan akun Google

Dan ini mungkin adalah kelemahan yang paling bisa dirasakan oleh pengunjung, yang mungkin tidak memiliki akun Google. Dan perlu diingat tidak semua pengguna internet menggunakan akun Google, dan ini adalah salah satu kelemahan sistem komentar Google+ yang paling berdampak besar untuk blog jika blog kamu ingin mendapatkan komentar yang berlimpah dari pengunjung.

2. Komentar yang sudah ada akan hilang jika memakai custom domain

Ya, ini juga menjadi kelemahan besar sistem komentar ini. Jika di blogmu masih memakai domain dari Blogger seperti ".blogspot.com" dan memakai sistem komentar Google+, lalu setelah itu kamu berpikir untuk mengganti domain kamu menjadi custom domain seperti ".com, .net, dll", semua komentar sudah sudah ada di artikel-artikel sebelumnya akan hilang setelah domain berganti. Jadi sebelum itu terjadi lebih baik dipikirkan dua kali sebelum menggunakan sistem komentar Google+ ini.

3. Loading 'agak' lambat

Nah, kalo ini sih menurut saya pribadi ya. Saya sebagai pengguna internet yang koneksinya pas-pasan sangat merasakan betapa lambatnya memuat sistem komentar Google+ ini.

4. Tidak ada notifikasi atau pemberitahuan yang muncul

Dan ini juga salah satu hal yang penting. Di sistem komentar ini tidak ada pemberitahuan atau notifikasi sama sekali, jadi ini yang bikin tambah susah. Bagaimana nanti kalo ada yang mengomentari artikel saya yang sudah satu tahun yang lalu ?. Kecuali si pengunjung yang mengomentari menambahkan nama saya ke dalam komentarnya untuk sekedar memberitahui.

5. Tidak adanya sistem SPAM

Kalau menggunakan sistem komentar bawaan Blogger, setiap ada komentar SPAM pasti akan langsung otomatis masuk ke menu komentar SPAM di Blogger (biasanya komentar berupa anonim yang berbahasa asing). Jadi nggak mungkin-kan saya menyeleksi satu persatu komentar SPAM di setiap artikel ?. Meskipun kadang-kadang sistem ini juga otomatis menyembunyikan komentar yang 'menurut' sistem ini dianggap sebagai komentar SPAM tapi apa benar-benar itu komentar SPAM ?

Dan itulah yang menurut saya kekurangan yang ada pada sistem komentar Google+. Tapi seperti yang sudah saya bilang dibalik kekurangan pasti ada kelebihannya, dan dibawah ini saya juga merasakan kelebihan yang ada di sistem komentar ini:

Kelebihannya:

Jadi meskipun sistem komentar ini memiliki cukup banyak kekurangan bukan berarti sistem ini membawa banyak kerugian untuk blog kita, saya juga sebenarnya pernah merasakan kelebihannya meskipun hanya sedikit sih:

1. Komentar otomatis dibagikan di akun Google+ pengunjung

Dan ini adalah kelebihan yang paling besar dampaknya menurut saya. Kenapa ? karena bayangin aja kalo ada salah satu pengunjung kita yang punya ratusan bahkan ribuan lingkaran atau teman di akun Google+ kan nanti salah satu dari mereka akan melihat artikel yang kita tulis tanpa susah-susah mempromosikannya ke teman-teman di Google+.

Itu kalau pengunjung mencentang kotak kecil yang bertuliskan "Also share on Google+" dan juga berkomentar secara "Public" mungkin mereka juga nantinya akan me-mention teman-temannya, who knows ?.

2. Tampilannya lebih sederhana

Dan ini salah satu yang saya suka dengan sistem komentar ini, yaitu tampilannya yang lebih sederhana (bukan rumah makan lho ya). Tidak seperti komentar bawaan Blogger, yang sekarang sudah banyak tampilannya dan mungkin kedepannya akan bertambah lagi, yang bisa ditambah gambar-lah, video-lah, emoticon-lah, dll. Yang menurut saya agak terlalu ribet.

3. SEO

Ini adalah tambahan dari komentator [Lihat Komentarnya]. SEO, yang mungkin yang ini benar juga, kenapa? karena setiap kali memeriksa artikel yang baru saja dipublikasi pasti di halaman pertama Google selalu yang muncul adalah postingan kita yang ada di akun Google+, dan bagaimana nanti kalau banyak pengunjung yang berkomentar di artikel kita nanti ?, silahkan bayangin saja sendiri.

Dan untuk sementara itulah kelebihan yang pernah saya rasakan, hanya sedikit saja kelebihannya karena saya memakai sistem ini tidak terlalu lama sebelum saya menggantinya dengan sistem bawaan Blogger. Jadi kalau kamu punya kekurangan atau kelebihan yang pernah kamu rasakan di sistem komentar Google+ ini, silahkan saja tambahkan di kolom komentar dibawah.

12 comments

  1. Mungkin tambahan dari saya untuk kelebihannya. Dari segi seo, mungkin komentar google plus lebih baik di mata google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin itu juga kelebihannya, makasih mas udah mau menambahkan :D nanti saya tambah di artikelnya

      Delete
    2. Tapi yah itu, susahnya, kita gak bisa ganti sistem komentar. Itu susahnya pakai google plus.

      Delete
  2. kalau dibandingkan loadingnya dengan sistem komentar disqus gimana mas?
    jadi masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya ya mas ... ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo loadingnya disqus sih lumayan lah, tapi itu semuakan tergantung kecepatan koneksi masing-masing mas :)
      ya kira-kira begitulah mas, tapi untuk kekurangannya disqus saya masih belum tau :(

      Delete
    2. Kekurangannya disqus itu yah itu loadingnya kadang lama, bisa memberatkan halaman. Kelebihannya, kita bisa dapat duit dari disqus. :D

      Delete
  3. Kalau saya lebih senang yang threaded hack comment aja, menghindari yang Google+ comment, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya lebih milih komentar bawaan Blogger, lebih gampang :D

      Delete
    2. Iya mas, sebenarnya semua memiliki kesenangan terendiri. Tetapi kayaknya masih banyak yang suka terhadap komentar Blogger :D

      Delete
  4. Hahhay, postingan yang menarik. . .
    komentar google+ bisa kok dilihat notifikasinya (di Google+ notifications)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah emang sudah bisa ya ?

      kapan-kapan nyoba deh :)

      Delete
  5. saya lebih suka comment dengan account blogger meskipun kalo di klik larinya ke google+ juga
    tapi kan comment kita tidak langsung ke share di account google+

    ReplyDelete

Perlu diingat saya juga manusia, yang kadang punya salah, jika ada kesalahan pada artikel yang dibuat kamu bisa membantu saya untuk memperbaiki artikel tersebut. Dan kadang saya juga tidak bisa manjawab pertanyaan kamu.