Ketika Ad Blocker Menjadi Hal Yang Serba Salah

Ketika Ad Blocker Menjadi Musuh Bersama Para Penayang Iklan

Extension untuk browser 'AdBlock' ada juga 'AdBlock Plus' yang sebenarnya keduanya memliki fungsi yang sama. Extension ini tersedia untuk browser yang mungkin sering kamu pakai, ada extension untuk 'GC' atau Google Chrome ada juga untuk pengguna Mozilla Firefox. Dan karena munculnya extension ini pula-lah muncul berbagai masalah dalam versi saya untuk para penayang iklan atau yang sering kita sebut publisher dan juga para pengunjung.

Dan masalah yang muncul dalam versi saya ini bisa dikatakan "hal yang serba salah". Tidak semua pengguna internet suka dengan penayangan iklan di website/ blog favorit mereka atau website/ blog yang sering mereka kunjungi, dan juga mungkin beberapa pengunjung bahkan tidak peduli sama sekali dengan iklan yang ditayangkan.

Baca Juga: Extensions Chrome Yang Penting Untuk Blogger

Dan setelah saya berpetualang di Google untuk mencari artikel yang saya cari, ada beberapa blog yang menampilkan caranya untuk "menangkis" extension ini. Apalagi dengan cara tidak menampilkan atau menutupi beberapa elemen di website/ blognya, dan kalau boleh saya jujur hal inilah yang sering membuat saya "mengutuk" suatu website/ blog yang memakai cara ini. Dalam hati saya: "kalau begini mending nggak usah bikin website aja sekalian!, nyusain amat!". Dan itu artinya saya adalah salah satu dari jutaan orang di internet yang tidak suka dengan penayang iklan. Cara yang seperti ini bukannya menambah pengunjung malah membuat pengunjung menjauh.

Ya, meskipun tujuannya untuk menambah pundi-pundi uang demi kemajuan website atau blognya atau mungkin juga hanya sekedar mencari sesuap nasi, ya, tapi caranya nggak begitu-gitu juga kali. Dan inilah yang membuat saya mengatakan "hal yang serba salah", di satu sisi saya juga ingin menolong ( dengan mengklik iklannya ) disatu sisi lagi yang nggak suka dengan iklan yang dimunculkan.

Yang saya maksud dengan "Hal yang serba salah" disini adalah, ketika si penayang iklan mau menampilkan iklannya, tapi si pengunjung malah memakai extension AdBlock, dan si penayang iklan pun memutuskan untuk melakukan cara untuk mematikan extension ini, lalu kemudian si pengunjung itu kembali dan tiba-tiba melihat peringatan untuk mematikan extension AdBlock-nya, lalu si pengunjung pun lebih memilih kabur dan mencari tempat lain daripada disuruh untuk mematikan extensionnya, salah buat para penayang iklan karena pengujung tidak melihat iklan yang ditampilkan karena memakai extension ini dan juga salah buat pengunjung karena penayang iklan "memaksa" pengunjung untuk melakukan hal yang mereka tidak sukai, jadi serba salah kan ?. Dan sepertinya para pengembang atau developer extension ini perlu penambahan fitur lagi menurut saya untuk membalas para penayang iklan yang nakal ini.

Bukankah ada alternatif lain untuk melakukan hal itu, seperti menaruh widget donasi di Blogger atau Wordpress ?. Nah, masalahnya adalah, mana ada orang yang mau melakukan hal itu yang sama sekali tidak menguntungkan buat dirinya sendiri, bukan berarti saya bilang tidak ada orang baik di dunia ini lho ya. Dan penayangan iklan-lah yang menjadi jalan keluar terbaik yang sebaik-baiknya.

Dan disinilah Ad Blocker beraksi, semua jenis iklan pun akan ditendang oleh salah satu extension favorit saya ini ketika berselancar ria di internet dengan GC.

Oiya, asal tahu aja ya, extension ini tidak selamanya menjadi momok menakutkan loh. Extension ini juga sebenarnya bisa menolong kamu yang bermain GA atau Google Adsense atau mungkin penyedia iklan lainnya agar terhindar dari mengklik iklan sendiri loh. Dan buat kamu yang mau download silahkan mampir dulu ke artikel sebelah [Download AdBlock Plus].

Sebenarnya saya sendiri juga ingin menampilkan iklan di blog yang saya buat, namun itu semua butuh waktu. Dan intinya pembicaraan saya disini adalah saya cuman nggak suka sama website atau blog yang menggunakan AdBlock Killer atau apalah itu, kalau mau mendapatkan penghasilan sebaiknya kamu tidak memaksa para pengunjung untuk melihat iklan yang kamu tampilkan kalau menurut saya sih itu sama saja merampas hak pengunjung atau pengguna internet.

Sekian dulu artikel panjang lebar yang mungkin tidak bermanfaat ini, karena saya menulis artikel ini dalam keadaan ngelindur, jadi kalau bingung dengan apa yang sudah saya tulis, mohon maaf ya, saya janji akan saya koreksi nanti kalau benar-benar ada kesalahan atau bingung ketika membaca.

7 comments

  1. Di sisi lain kita kesal dengan ads block karena tidak memunculkan iklan yang dipasang, tapi di lain sisi kita menggunakan ads block itu.

    ReplyDelete
  2. Pada dasarnya pengunjung yang cerdas tahu mana itu iklan dan mana itu konten....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bagaimana dengan yang awam sama iklan digital nanti mas :D kan susah juga nanti..

      Delete
  3. saya pembunuh iklan.. tak sudi saya melihat iklan apapun terlihat dimata saya... ha..ha..ha...
    silahkan munculkan iklan dengan ad-blocker tetap terpasang...itu masalahmu bukan masalahku..

    ReplyDelete
  4. apapun itu. adblock iis the best :D

    ReplyDelete

Perlu diingat saya juga manusia, yang kadang punya salah, jika ada kesalahan pada artikel yang dibuat kamu bisa membantu saya untuk memperbaiki artikel tersebut. Dan kadang saya juga tidak bisa manjawab pertanyaan kamu.