Desain Datar Atau Realistis ?

Mad Trik - Desain datar dan relistis atau biasanya yang kita kenal dengan Flat dan Skeuomorphism (Realism). Jika dulu desain realistis ini sangat dipuja-puja karena mungkin tampilannya yang lebih 'wah' dengan efek 3D-nya, dengan sentuhan bayang-bayang, dan lain-lain.

Flat is Justice
Flat is Justice.

Tapi itu semua berubah sejak desain datar menyerang, ya desain datar atau flat design ini memulai peperangan yang kalau saya nggak salah ketika pertama kali OS iOS7, mungkin tahun 2012-2013 yang lalu.

Perdebatan antara dua desain yang populer ini juga sudah banyak yang bahas di situs-situs populer macam TNW dan situs lainnya. Dan kalau kau lihat dengan seksama situs-situs populer yang sekarang ini mulai meninggalkan desain realistis dan beralih ke desain datar atau flat (kalau menurut saya).


Dan kalau boleh saya jujur saya lebih memilih desain web atau situs yang flat atau datar, karena lebih terlihat  minimalis dan lebih berwarna dibandingkan dengan desain realistis yang menurut saya agak kurak sedap dipandang, jika kamu punya pendapat yang berbeda silahkan saja berkomentar dibawah, kan setiap individu punya selera berbeda-beda.

Sebelumnya mari main sedikit permainan tebak-tebakkan kecil dulu, lihat secara seksama gambar yang ada dibawah ini:

Yang mana yang desain flat dan realistis ?
Yang mana yang desain flat dan realistis ?

Bisa membedakan mana desain yang Flat dan mana desain yang Realistis pada gambar (perhatikan orang yang berada disamping gambar) diatas ?. Lalu yang manakah yang desain Flat, jika kamu menjawab desain yang sebelah kiri, jawaban kamu benar, Tapi salah.

Ya salah, sebenarnya dua orang diatas itu adalah wujud dari desain Skeuomorphism atau realistis, pertanyaan yang saya sebutkan diatas tadi adalah pertanyaan jebakan yang mana penjelasannya nanti bisa kamu lihat dibawah.

Dan kalau kamu ingin melihat pertarungan dua desain seperti gambar diatas kamu bisa pergi ke situs ini Flat vs Realism, situsnya cukup unik seluruhnya terbuat dari gambar dan flash, jadi untuk membuka situs ini kamu memerlukan koneksi internet yang cukup cepat agar pas membuka bisa lancar.

Jadi mari mengenal desain Skeuomorphism dan apa itu desain Flat:

Skeuomorphism

Skeuomorphism atau relistis adalah antarmuka pengguna (User Interfaces, UI) grafis dengan membuat objek 3D, dan menggunakan gradien, bayangan, bevels, refleksi dan latar belakang.

Kata dari skeuomorphism sendiri diambil dari bahasa Yunani, yang mana arti darikata "skeuos," berarti alat atau perangkat, dan kata "morphe," yang berarti bentuk.

Kalau menurut Wikipedia:

Skeuomorph adalah ornamen fisik atau desain pada objek yang disalin dari bentuk objek ketika terbuat dari bahan lain atau dengan teknik lain.

Kalau gak ngerti, maksudnya adalah desain Skeuomorph ini adalah desain yang menyerupai benda yang ada di sekitar kita, misalnya seperti kalendar, folder atau berkas-berkas, alat pengukur suhu, dll.

Masih belum mengerti ? baiklah kita ambil contoh yang mudah dimengerti saja kalau begitu: misalnya kamu ingin membuat desain gelas dalam bentuk gambar kemudian kamu buat sedemikian rupa itu namanya desain Skeuomorph, tapi jika kamu membuatnya menjadi desain flat atau datar, memang itu akan menjadi desain yang dibilang flat, tapi tetap itu sebenarnya adalah wujud dari skeuomorphism. Nah sekarang sudah paham kan ? (Koreksi saya jika salah).

Nah untuk penjelasan gambar tebak-tebakkan diatas tadi yang sebenarnya dua-duanya adalah desain dari Skeuomorphism karena pada desain tersebut mewujudkan seseorang yang dibuat dalam bentuk yang seperti gambar diatas tadi.

Ya, jadi intinya adalah desain skeuomorph cenderung terlihat lebih realistis, dan desain yang realistis cenderung lebih ke skeuomorphic. Agak susah juga menjelaskan tentang desain yang ini, tapi begitulah kira-kira gambarannya.
[Balik Keatas]

Flat

Flat atau datar adalah desain yang minimalis yang lebih menekankan kegunaannya. Desain datar tidak menggunakan gradien, bayangan, bevels ataupun refleksi. Dan menurut saya para web desainer sekarang mulai berpindah hati dan mulai menggunakan desain flat ini daripada desain realistis, mungkin mereka sadar bahwa desain itu hal nomor dua dan yang terpenting itu adalah isi dari konten atau pesan yang ada pada situs itu sendiri.

Contohnya desain flat atau datar dari sistem operasi Microsoft, Windows 8. Windows 8 adalah salah satu desain yang pertama yang menerapkan desain antarmuka datar atau flat.

Dan untuk sejarah penggunaan desain flat ini berasal dari desain Swiss Style, yang muncul pada tahun 1940-1950, yang berasal dari negara Swiss. Desain Swiss ini fokus pada penggunaan grid, tipografi sans-serif, dan isi hirarki dan tata letak yang simpel. Selama tahun 1940 dan 1950-an, desain Swiss sering termasuk kombinasi dari sebuah foto yang sangat besar dan sederhana dan juga minim tipografi.

Dan pastinya desain datar ini tanpa embel-embel atau tambahan bayangan atau gradasi warna, kalaupun ingin menambakan bayangan hanya dibutuhkan satu warna saja. Contohnya bisa kamu lihat pada ikon aplikasi di OS Android Lollipop.
[Balik Keatas]

Jadi, sudahkah menetapkan pilihanmu, mau pilih desain datar atau yang lebih realistis ?. Itu semua sih terserah kamu, ya seperti yang sudah saya katakan diatas tadi, selera setiap individu kan pasti berbeda-beda.

Jika ada kesempatan lagi nanti, saya akan menuliskan juga kelebihan dan kekurangannya desain flat atau datar dan desain relistis atau Skeuomorphism, jadi ditunggu saja nanti.

10 comments

  1. Baru mengerti, sebelumnya gak paham dengan ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kita sama-sama baru tau dong hihiiihii :D

      Delete
  2. Sebenarnya kalau bahas soal ini. Ini mirip kita kembali ke tahun 80-an. Dimana desain masih sebatas "secukupnya". Tapi di lain sisi, desain datar ini mungkin lebih ringan dibandingkan desain realistis. Mungkin itu pula yang menyebbakan logo windows berubah menjadi desain datar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya om bener desain datar lebih ringan dibandingkan desain realistis yang ukurannya bisa mencapai Mb-an

      Delete
    2. saya setuju banget... kemarin saya juga habis merubah tampilan saya dan merubahnya lebih dasar. Efek2 saya pangkas cuma untuk ngejar kecepatan saja. Soalnya kalau situs belum terkenal menggunakan design real malah mbt pengunjungnya pada kabur duluan karena akses lambat.

      Delete
    3. Nah ungkin bisa saja suatau saat desain datar ini dikalahkan kembali dengan desain realistis. Siapa tahu. ^_^

      Delete
    4. Yap kalo situs baru-baru bikin mendingan fokus ke konten aja dulu, nanti kalo sudah mulai dikenal baru deh mikirin tentang desainnya :)

      Delete
    5. Ya namanya juga tren om =D, biasanya cepet banget dilupain @@,

      Delete
  3. desain datar unik menarik mas jika sekarang diterapkan dijaman modern seperti ini ...

    ReplyDelete

Perlu diingat saya juga manusia, yang kadang punya salah, jika ada kesalahan pada artikel yang dibuat kamu bisa membantu saya untuk memperbaiki artikel tersebut. Dan kadang saya juga tidak bisa manjawab pertanyaan kamu.