Kapan Pembaruan Ranking Alexa ?

Mad Trik - Kadang saya penasaran sama sistem pembaruan ranking Alexa baru-baru ini setelah berubah tampilan dan ada sistem berbayarnya. "Kok pembaruan ranking alexa sekarang jadi lama gini ya ?", ya kira-kira seperti itulah pertanyaan yang ada didalam lubuk hati saya yang paling dalam. Saking penasarannya saya mencoba untuk melihat ranking Alexa blog Mad Trik setiap hari tapi tidak ada perubahannya sama sekali, kalaupun ada itupun cuman turun beberapa ratus saja.

Tabel Bacaan

Dan setelah saya melakukan sebuah riset kecil-kecilan *cielah*, akhirnya saya mendapatkan jawabannya. Dan jawabannya ini ada dua, dan tergantung kondisi dan keadaan.

Hanya sekedar info kecil, akun Alexa yang saya pakai disini adalah akun free atau versi yang gratis. Mungkin jika kamu mempunyai akun berbayar atau premium, hasilnya akan berbeda ? entahlah ?

Update Pertama:

Update atau pembaruan ranking Alexa itu dilakukan setiap hari dan memang setiap hari pembaruannya, tapi pembaruan yang setiap hari ini turunnya cuman sedikit, ya misalnya dari 12,000,000 turun ke 11,990,000 (ini cuman contoh). Mungkin kalau kita rajin menyuntik blog kita dengan artikel baru di blog kita tiap minggu (ya minimal tiap harilah), mungkin hasilnya akan beda lagi nanti. Entahlah ?

Update Kedua:

Untuk yang kedua ini saya dapatkan setelah menunggu setidaknya sampai 30 hari++ lah. Ketika pembaruan ranking yang paling baru untuk blog ini sekitar tanggal 14 Februari yang lalu, sebelumnya saya sudah menandakan pembaruan yang lama, kalau gak salah sekitar tanggal 13 atau 14 Januari yang lalu, atau lebih tepatnya bulan lalu.


Dari ranking awal sekitar 2,000,000 kemudian turun ke 1,000,000. Saat itu jugalah saya kaget setelah menunggu beberapa hari, minggu, dan akhirnya sampai juga penantian akhir saya dan jawabannya saya akhirnya terjawab setelah tanggal 14 Februari lalu.

Dan setelah kejadian yang seperti itulah saya dapat menetapkan bahwa ada dua sistem pembaruan ranking yang dilakukan oleh si Alexa ini:

  1. Versi kecil-kecilan setiap hari.
  2. Versi besar-besaran setiap bulan.

Riset ini hanya sekedar hasil dari pengalaman saya saja, untuk hasil yang lebih terpercayanya atau hasil yang lebih pastinya mungkin akan beda lagi nanti, jadi saya rekomendasikan setelah membaca artikel ini lebih baik carilah informasinya di internet.

Sukur-sukur kalau ada karena saya saja udah hampir menyerah mencarinya di sana. Jadi sukurlah ada artikel ini yang mungkin dapat membantu kamu jika bingung "kapan sih pembaruan ranking Alexa itu ?"

Informasi yang ada didalam artikel ini mungkin kurang tepat, jadi saya tidak mengharapkan kamu untuk mempercayainya. Tapi untuk membuktikannya infromasi yang saya berikan ini benar atau tidak, alangkah lebih baiknya lagi untuk kamu mencobanya sendiri dan lihat hasilnya sendiri.

Tapi berapapun hasil akhirnya kita mustinya patut bersukur karena rankingnya bisa mengurus, dan kalau setiap pembaruan ranking Alexa blog kamu membengkak disitulah kamu harus intropeksi blog kamu lagi, mungkin ada salah ?

12 comments

  1. Alexa jangan diperatiin. Yang penting jumlah kunjungannya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga sih om, tapi saya cuman penasaran aja gitu sama jadwal updatenya Alexa ini...

      Delete
    2. Saya setuju dgn mas ridha, alexa saya aja udah 600ribuan, page view masih aja 300/hr...kacau kan?

      Delete
    3. Wah boleh tau blognya :D

      Biar saya masukin ke daftar bookmark saya, biar bisa berkunjung hehehee :D

      Delete
    4. Wah kalau gitu mending saya dong, hehe

      Delete
  2. Intinya alexa itu usahakan selalu rajin update artikel setiap hari. Dan jangan lupa share artikel di sosmed dan sosbok lalu rajin juga blogwalking.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah kurang rajin tuh bagiin di sosmed apalagi di sosbok, soalnya gak tau mana sosbok yang bagus :(

      Delete
  3. Saya juga bingung sebenarnya, padahal alexa rank blog saya udah 600rban, tapi pengunjung ga juga bertambah hingga ribuan perhari padahal target sya 3000/hr diahkir tahun 2015...terkadang kcewa juga si

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya sih gak ada hubungannya om dengan peningkatan kunjungan meskipun Alexanya segitu sekalipun (hanya pemikiran saya saja).

      Delete
    2. Wahaha, pengennya sih tadi nulis kaya gitu juga :D

      Delete
  4. Kalau tidak salah, Rank di Alexa itu berdasarkan hasil vote dari browser yang memasang Alexa Toolbar.
    Saya juga kurang tau sih :D

    www.alexa.com/toolbar

    ReplyDelete

Perlu diingat saya juga manusia, yang kadang punya salah, jika ada kesalahan pada artikel yang dibuat kamu bisa membantu saya untuk memperbaiki artikel tersebut. Dan kadang saya juga tidak bisa manjawab pertanyaan kamu.