Taman Bermainnya Para Kodinger

Mad Trik - "Kodinger", istilah yang langsung lewat di otak saya setelah mau menulis judul dari pembahasan kali. Sebenarnya nggak tau juga istilah itu ada atau nggak di kamus besar Indonesia, tapi mau gimana lagi, cuman itu yang ada di otak saya untuk menyebutkan orang yang suka bermain dengan dunia perkodean *nah, ada lagi*. Ya, pokoknya istilah buat orang yang suka mendesain sebuah situslah intinya atau Web designer.

Kenapa disini saya menulis 'taman bermain', karena diluar negeri sana juga menyebutnya dengan istilah 'Playground', jadi nggak salah dong kalau diterjemahin ke bahasa kita menjadi taman bermain. Nah, ada beberapa situs yang kita sebut saja taman bermain, yang menyediakan fitur seperti Notepad++, tapi hasilnya bisa langsung kita nikmati atau istilah lainnya 'Live Preview', jadi yang plus-plusnya disini adalah, jika ada kesalahan sebesar 1px saja pasti sudah bisa kita perbaiki atau kelihatan.

Dan di taman bermain ini jugalah saya banyak mendapatkan ide untuk menulis artikel di blog Mad Trik ini, itu bisa kamu lihat di artikel-artikel yang sudah saya publikasi sebelumnya di blog ini. Jadi ketika saya bisa dibilang kehabisan ide untuk menulis, saya langsung lari kesana, dan saya juga sebenarnya milih-milih juga mana yang gampang untuk diterapkan di seluruh platform.

Dan marilah kita langsung lihat daftarnya, oiya jangan lupa juga untuk menambahkan situs lainnya yang nggak kalah bagusnya juga dengan situs-situs dibawah ini:

1. CSSDECK

CSSDECK
CSSDECK.

Disinilah pertama kali saya mengenal situs yang semacam ini. Waktu itu saya masih bisa dibilang awam dengan dunia Blogger, alias masih baru mulai nge-blog, bisa sampai disini juga karena blog tetangga yang merekomendasikannnya. Dan enaknya situs ini adalah, hasil dari permainan kamu akan langsung terlihat dan tidak perlu lagi menyegarkan halaman untuk melihat hasilnya.

Dan penggunanya juga bisa dibilang cukup banyak atau mungkin banyak sekali, disinilah tempat yang saya rekomendasikan untuk bermain kode.

2. CodePen

CodePen
CodePen.

Bisa dibilang sebelas-duabelas dengan CSSDECK. Dengan tampilannya yang serba dark alias gelas bin hitam ini, meskipun disini untuk memuat halaman CodePen mungkin agak lambat untuk koneksi sekelas teri kaya punya saya ini. Tapi jangan memikirkan lambatnya itu, disini banyak juga hasil-hasil brilian yang diciptakan dengan CSS, HTML, Javascript, yang wuah sekali, ya seperti yang saya bilang pertama kali.

3. JSFidle

JSFidle
JSFidle.

Situs ini beda dengan situs-situs diatas, disini bisa dibilang hanya dinikmati untuk sendiri saja. Karena hasil karya kita tidak bisa dilihat oleh pengguna lainnya (selama yang saya tau). Entahlah saya juga baru daftar beberapa hari yang lalu, jadi tidak terlalu paham dengan JSFidle. Tapi untuk blog ber-niche sama seperti Mad Trik, mungkin ini bisa dibilang gulanya untuk blog kita alias pemanisnya lah kira-kira begitu.

Biasanya kan blog yang seperti ini membutuhkan hasil dari tutorial yang diberikan atau biasanya kita menyebutnya dengan demo. Nah, disinilah yang paling banyak untuk dipakai sebagai demo untuk hasil dari permainan kode kita nanti, meskipun daftar diatas juga memiliki fitur embed, tapi JSFidle-lah yang paling banyak digemari menurut saya.

4. Dabblet

Dabblet
Dabblet.

Saya tidak punya banyak informasi tentang situs yang satu ini, yang saya tahu adalah situs ini dibuat oleh seorang perempuan yang bernama Lea Verou. Sama seperti JSFidle, ini cuman bisa dinikmati untuk sendiri saja sepertinya (selama yang saya tau). Tapi hasilnya bisa langsung kita nikmati sambil menambah beberapa elemen didalamnya.

5. Liveweave

Liveweave
Liveweave.

Wah, khusus situs yang satu ini saya benar-benar mohon maaf, karena informasi yang saya dapat masih terbilang sedikit. Tapi intinya situs ini tidak ada bedanya sama situs nomor 3 &4. Ya kira-kira begitulah.

Disini kita bisa mematikan fungsi live preview, jadi bagi yang gak suka bisa langsung saja dimatikan live preview-nya di menu pada situs ini. Dan ada juga mode malam, agar para penggunannya tidak terganggu karena warna yang terlalu cerah.

6. JS bin

JS bin
JS bin.

Langsung pada intinya saja. Sama seperti JSFidle. Dan selebihnya silahkan kamu lihat sendiri saja ke situsnya, mungkin ada perbedaan yang cukup signifikan ?

Dan itulah daftar dari situs taman bermain khusus para kodingers kita kali ini. Dan saya ingatkan sekali lagi ya, jika ada situs yang mungkin lebih baik daripada daftar situs diatas, komentar saja disini, bagikan semua yang kamu tahu, biar kita bisa sama-sama belajar.

12 comments

  1. situs-situs di atas bagus-bagus.. tapi saya belum pernah coba... TFS ya, gan!

    ReplyDelete
  2. Widih ternyata jado koding toh. Programmer itu saat ini bener-bener besar gajinya. Teman saya saja seumuran saya sudah punya kendaraan mobil, motor dan apertemen. Gara-gara jago koding. :-bd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak jago-jago banget om, CSS aja masih blepotan hihiii @@,

      Waduh keliatannya aja udah ngiler saya pengen jago ngoding, tapi apa daya pengetahua masih minim om :p

      Delete
    2. Kalau emang jago koding terus dikembangin. Saya saja tahu HTML saja sudah syukur. hehehe

      Delete
    3. Ya musti banyak belajar dulu lah om hehehe :D

      Delete
  3. Untuk mempresentasikan koding saya suka pakai JSFidle mas ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap memang itu yang paling paporit sama kita-kita orang indo om :D

      Delete
  4. Wah harus segera dicoba nih :D
    Solanya gak pernah nyoba ginian, hehe

    ReplyDelete
  5. kebanyakan menggunakan jsfiddle dan code pen...sedang js bin juga pernah menggunakannya. ok deh kayaknya mau coba yng lain juga. makasih infonya ya mas bro...salam sahabat blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kalo yg code pen lebih banyak dipakai sama Blogger luar kayanya om :D

      Sip deh sama-sama om :D

      Delete

Perlu diingat saya juga manusia, yang kadang punya salah, jika ada kesalahan pada artikel yang dibuat kamu bisa membantu saya untuk memperbaiki artikel tersebut. Dan kadang saya juga tidak bisa manjawab pertanyaan kamu.