Membuat Meta Deskripsi Yang Benar

Mad Trik - Deskripsi untuk setiap halaman termasuk konten yang ada di dalam blog itu sangat penting menurut saya, mungkin bukan untuk saya saja ya. Karena jika dilihat orang-orang di Indonesia ini "mungkin" banyak yang gak mau ribet alias susah. Jika orang tersebut mencari apa yang dia mau cari di mesin pencari Google, dan jawaban sudah ada di deskripsi di salah satu deskripsi yang ada di halaman depan, mungkin dia sudah puas dengan hasil pencariannya tadi.

Jadi untuk membuat pengunjung yang macam itu tertarik dengan blog kita adalah memasang deskripsi yang bagus. Bukan cuman bagus sih tapi juga menarik perhatian pengunjung yang seperti diatas tadi. Sebelumnya mari kita pelajari apa fungsinya meta deskripsi ini:

"Fungsi dari deskripsi untuk blog kamu adalah untuk menarik para pengunjung dari segala mesin pencari untuk meng-klik link atau tautan blog kamu. Dan untuk menghasilkan click-through blog kamu dari mesin pencari. Dalam segi SEO ada banyak manfaatnya."

Nah, kira-kira seperti itulah penjelasan singkat dari meta deskripsi ini. Jadi apakah deskripsi penelusur yang ada di blog kamu (Blogger) sudah diaktifkan ? jika belum silahkan acak-acak lagi arsip blog ini. Ada banyak tutorial tentang deskripsi mulai dari Open Graph Facebook sampai ke Twitter Card.

Dan sekarang saya saatnya memberitahu bagaimana cara membuat meta deskripsi yang baik menurut SEJ yang sudah saya terjemahkan beberapa poin yang penting saja.

1. Harus 130 sampai 155 karakter

Sebenarnya tergantung si Google-nya itu sendiri mau ngasihnya berapa tapi saya juga sering melihat deskripsi yang lebih dari 130 karakter kalau kata kunci yang dicari cukup panjang. Google juga kadang memasang tanggal dipublikasikannya artikel atau konten yang ada di hasil pencariannnya jadi deskripsi berkurang.

2. Harus mengandung kata ajakan

Kalau yang ini ya memang harus, demi mendapatkan pengunjung deskripsi yang harus kamu berikan haruslah mengandung kata ajakan untuk membuka tautan ke blog kamu, misalnya "yang bukan artikel ini akan dapat bla bla bla" atau kamu bisa buat yang lebih menarik lagi.

3. Harus sesuai dengan konten yang disediakan

Sepertinya bagian yang ini tidak usah dijelaskan panjang lebar pasti kamu juga sudah tahu. Yang jelas deskripsi itu harus dan wajib sesuai dengan konten atau artikel yang kamu tulis di blog kamu. Jika ada kesalahan saja didalam deskripsi yang kamu berikan, kemungkinan akan berimbas pada kepercayaan pengunjung (menurut saya).

Dan menurut artikel yang saya baca di SEJ (Search Engine Journal), Google akan memberi pinalti pada situs yang memberikan deskripsi palsu untuk menarik pengunjung ke situsnya.

4. Harus mengandung kata kunci yang di fokuskan

Jika pengunjung mencari kata kunci yang cocok dengan teks yang ada didalam meta deskripsi yang kamu tulis maka dengan otomatisnya Google akan memberi tanda tebal pada teks tersebut pada hasil pencarian. Yang mana akan otomatis menarik perhatian pengunjung.

5. Harus unik

Jika meta deskripsi kamu ada dua atau terduplikasi, UX alias User Experience di Google akan melemah. Lihat di GWT > HTML Improvements untuk mengecek apakah ada duplikasi meta deskripsi pada blog kamu.

Begitulah tips dari SEJ yang saya ambil dan semoga bisa membuat blog kamu menjadi lebih menarik lagi dimata pengunjung.

No comments

Post a Comment

Perlu diingat saya juga manusia, yang kadang punya salah, jika ada kesalahan pada artikel yang dibuat kamu bisa membantu saya untuk memperbaiki artikel tersebut. Dan kadang saya juga tidak bisa manjawab pertanyaan kamu.